SEKSI PENYELENGGARA HAJI DAN UMROH

Dua Jamaah Haji Meninggal Dunia

Sabtu, 19 November 2011 09:47
BANGKO – SELAMA pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci, Makkah tahun 2011, tercatat dua jamaah haji asal Kabupaten Merangin meninggal dunia. Kedua jamaah tersebut meninggal dunia akibat sakit yang sempat mendapat perawatan medis di Rumah Sakita Makkah.

Kedua jamaah haji yang meninggal dunia, yakni Sanusi (58), warga Desa Rantau Alai, Kecamatan Batang Masumai, yang tergabung dalam kloter 13. Almarhum meninggal dunia pada hari Selasa (15/11) lalu, pukul 02.00 WITA atau hari Senin (14/11) lalu, pukul 22 00. Sementara, Talimah (78), warga Kungkai, dalam Kloter 14 yang meninggal dunia pada hari Rabu (16/11) lalu, pukul 16. 00 WITA atau hari Rabu (16/11) pukul 13.00.

Marwan, Kasubag TU Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Merangin mengatakan, kabar meninggalnya dua orang jamaah haji asal Merangin ini, diketahui ketika H Su’aidi, perwakilan Kemenag Merangin yang ada di Makkah. Selanjutnya, kabar itu diberitahukan terhadap pihak keluarga. “Kita dihubungi perwakilan yang ada di Makkah,” sebutnya, kemarin (18/11).

Lebih lanjut Drs. Marwan Kasubbag TU Kankemenag Kab Merangin menjelaskan, salah satu jamaah haji yang meninggal yakni Sanusi pernah dirawat di Rumah Sakit Mekkah sebanyak dua kali. Dalam perawatan pertama, Sanusi sembuh dan melakukan kewajiban haji seperti biasanya. Namun, ketika rombongan hendak menunaikan Salat Arba’in di Madinah, penyakit Sanusi kambuh dan kembali dirawat.

Selanjutnya, masih kata Marwan, untuk Talimah, begitu sakit langsung dirawat dan meninggal dunia. “Sanusi meninggal dalam perwatan kedua kalinya, sedangkan Talimah baru satu kali mendapat perawatan,” sebutnya.

“Kedua jamaah haji yang meninggal itu langsung dikebumikan di tempat pemakamam umum setempat. Karena tidak memungkinkan untuk dibawa ke Indonesia, hanya saja barang-barang milik keduanya akan dibawa ke Indonesia,” sambung Marwan, lagi.

Lantas, mengenai jadwal kepulangan rombongan jamaah haji asal Merangin tersebut, Marwan menyebutkan, jamaah haji asal Merangin yang tergabung dalam Kloter 13 akan tiba di Bandara Internasional Minangkabau Padang, Provinsi Sumatera Barat, pada tanggal 26 November mendatang, sedangkan kloter 14 tanggal 27 November.

“Awalnya jumlah rombongan jamaah haji sebanyak 365, namun karena dua jamaah meningga dunia, maka jumlahnya menjadi 363 jamaah. Dan untuk kembali ke Merangin pada jadwal yang telah ditentukan. Jamaah yang lebih dahulu tiba di Padang akan menunggu jamaah yang lain agar keberangkatan pulang ke Merangin bisa bersama-sama,”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s